SOSOK CHEF YANG IDEAL

Chef yang ideal adalah Chef yang mempunyai jiwa entrepreneur (agar bisa memajukan usahanya), mempunyai jiwa seni (sehingga bisa memberikan sentuhan-sentuhan yang artistik pada makanan), mempunyai jiwa kepemimpinan yang kuat, berpikiran di luar kotak (out of the box), selalu mempunya ide-ide baru yang segar, selalu belajar dan tidak pernah berhenti dalam usahanya.
Biasanya chef mempunyai beberapa orang anak buah, yang ditempatkan di station-station khusus sesuai dengan keahlian masing-masing, ada station yang khusus menangani daging, khusus menangani ikan, khusus membuat makanan penutup (dessert), khusus membuat saus, dan sebagainya. Semua keahlian spesifik yang masing-masing dimiliki oleh anak buahnya harus bisa dilakukan oleh seorang chef, dan tentunya lebih baik.
Seperti halnya seorang Conductor pada sebuah orkestra, chef mengorganisir dan memadukan semua keahlian anak buahnya menjadi suatu komposisi masakan yang bercita rasa tinggi. Dalam seni kuliner -yang acuannya dunia barat- ini adalah tingkatan tertinggi yang bisa diraih seseorang. Menurut saya untuk menjadi seorang chef tidak hanya dibutuhkan kerja keras, tapi yang terpenting disini adalah cinta dan dedikasi tinggi akan seni kuliner, mungkin itu kenapa tidak banyak orang mencapai tahap ini.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment